fbpx
Tips sosial media marketing
Source : pexels.com

Sosial media marketing saat ini sudah menjelma menjadi kekuatan yang digunakan oleh banyak bisnis untuk memasarkan produknya melalui sosial media.

Pasti kamu sering banget kan lihat konten – konten di social media yang isinya jualan, baik itu secara terang – terangan ataupun dengan menampilkan konten yang sangat bagus tapi ujung – ujungnya ya jualan juga.

Sering lihat kan? Atau jangan – jangan kamu salah satu pebisnis yang sedang gencar memanfaatkan sosial media untuk brand kamu.

Memang sekarang itu zamannya sudah berubah dan banyak brand sudah lama menyadari hal tersebut. Makanya mereka itu sudah sejak lama gencar sekali membangung channel mereka di sosial media.

Nah, cara itu merupakan bagian dari Social Media Marketing. 

Menariknya, karena sosial media ini sangat universal jadi siapapun boleh loh menggunakan sosial media untuk kepentingan apapun disana.

Tapi pertanyaannya bagaimana sih cara memasarkan produk di sosial media yang bisa mengundang banyak pelanggan untuk berkunjung ke media sosial brand kamu? 

Nah kamu bisa simak artikel kami yang berikut ini, karena kami akan membahas tentang tips lengkap sosial media marketing dan tren sosial media marketing terbaru.

Sebelum terlalu jauh, yuk pahami dulu tentang pengertian dari sosial media marketing itu sendiri.

Jadi, Apa itu sosial media marketing?

Secara sederhana sosial media marketing atau pemasaran media sosial, merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk memasarkan sebuah produk ataupun jasa dengan menggunakan media sosial.

Tapi kan media sosial itu ada banyak, terus gimana dong? Mungkin pertanyaan itu saat ini terbesit di pikiran kamu sekarang. 

Memang sebenarnya, platform media sosial itu ada banyak sekali ya. Nah, untuk menentukan media sosial mana yang akan kamu gunakan kamu mesti riset secara mendalam dulu ya.

Jangan sampai ketika kamu sudah terjun dan all out di salah satu media sosial ternyata audiens kamu gak ada tuh disitu. 

Karena pemilihan platform ini bisa menjadi salah satu kunci sukses kamu dalam menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial ini.

Sosial Media yang Paling Banyak Digunakan

Tips sosial media marketing 2021
source : datareportal

Berkaitan dengan soal riset yang sebelumnya sudah disinggung, kamu bisa melakukan riset dengan cara melihat data statistik pengguna sosial media di Indonesia terlebih dahulu.

Menurut data yang dikutip dari WeAreSocial, pada bulan Januari 2021 ada 170 juta pengguna media sosial di Indonesia. 

Jumlah tersebut meningkat sebesar 6,3 persen ( 10 juta pengguna media sosial ) dari tahun sebelumnya. Sementara, pengguna media sosial sendiri masih didominasi oleh usia 25 – 34 tahun.

Selain itu, pada tahun 2021 Youtube, Instagram dan Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan

Dengan data tersebut, kamu bisa menyesuaikan strategi bisnis yang akan kamu jalankan di media sosial.

Nah yang terakhir dan harus diperhatikan bahwa 168 juta pengguna aktif sosial media tersebut menggunakan gadget mereka untuk membuka media sosialnya, jadi pastikan konten mu sudah mobile friendly ya.

Sosial Media Marketing Penting Bagi Bisnis

Mengapa sosial media marketing kini sangat penting bagi sebuah bisnis? Sederhana nya adalah karena media sosial sangat digandrungi oleh masyarakat baik usia muda maupun usia tua sekalipun.

Coba deh kamu liat – liat lagi, saat ini hampir semua brand – brand besar memiliki sosial medianya sendiri. 

Kebanyakan dari brand besar tersebut, memanfaatkan social media untuk menjangkau audiens mereka dimanapun berada. 

Nah itu adalah salah satu keuntungan yang kamu bisa dapatkan ketika menggunakan social media marketing. Keuntungan lainnya adalah :

1. Membangun Brand Awareness

Siapa sih yang gak mau produk atau jasanya semakin dikenal orang banyak? Semua orang yang punya bisnis pasti mau kan bisa kaya gitu.

Nah dengan sosial media marketing memungkinkan kamu lho untuk bisa membuat produk atau jasa yang kamu jual semakin dikenal oleh khalayak ramai.

Kenapa bisa begitu? Karena sosial media merupakan platform yang hampir pasti digunakan oleh banyak orang setiap harinya.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Setelah dapat awareness dari audiens, sebuah produk akan sangat mungkin untuk bisa memperluas jangkauan pasar ke yang lebih luas lagi.

Hal tersebut merupakan tahap yang selanjutnya ketika kamu sudah memiliki awareness dari langkah pertama yang kamu lakukan tadi. 

3. Melihat Aktivitas Pesaing

Setiap bisnis pasti memiliki beberapa kompetitor di industrinya masing – masing. Nah, dengan sosial media marketing, memungkinkan kamu untuk melihat dan mempelajari aktivitas yang menurut kamu merupakan pesaing kamu dalam berbisnis. 

Pasalnya kini, sosial media marketing marak digunakan oleh banyak perusahaan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang mereka jual.

Hal tersebut sah – sah saja kok, asalkan kamu tidak menjiplak karya mereka ya.

Strategi Sosial Media Marketing yang Efektif

source : pexels.com

Setelah kamu mendapatkan banyak informasi tentang pengertian, statistik pengguna dan keuntungan dari sosial media marketing. 

Secara singkat dapat dikatakan bahwa social media marketing, memiliki begitu banyak manfaat bagi kamu untuk bisa mengembangkan bisnis yang kamu jalankan.

Namun, untuk dapat meraih berbagai macam manfaat dan keuntungannya, dibutuhkan strategi yang jitu untuk bisa memaksimalkan social media marketing. 

Berikut ini adalah strategi sosial media marketing bagi bisnis kamu.

Ciptakan buyer persona

Setiap brand, sebelum mulai memasarkan produknya pasti melalui proses yang namanya menciptakan buyer persona.

Kenapa harus menciptakan buyer persona?

Hal ini dilakukan karena agar kamu memahami siapa kelompok yang ingin kamu tuju dan bagaimana pengetahuan kamu tentang mereka.

Nah kamu bisa melakukan riset dimulai dari kelompok yang ingin kamu jadikan sebagai pembeli dan mengapa mereka layak untuk menjadi pembeli.

Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu juga bisa memperluas dengan mengelompokan sesuai dengan usia, hobi, lokasi, hingga minat mereka.

Buyer persona sendiri merupakan sebuah cara untuk mendapatkan portrait yang lebih spesifik dari audiens yang ingin kamu tuju.

Setelah mendapatkan buyer persona, kamu sudah bisa menentukan platform dan konten seperti apa yang ingin kamu buat untuk menarik mereka.

Pilih media sosial yang akan digunakan

Tips sosial media marketing 2021
source : pexels.com

Saat ini, ada berbagai macam platform media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk ataupun jasa.

Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah kamu dapat menjangkau masyarakat sekalipun mereka berada ditempat yang jauh.

Nah sebelum merasakan manfaatnya, terlebih dahulu kamu harus menentukan platform mana yang tepat untuk memasarkan konten dari brand kamu.

Selain konten, persona yang sudah ditentukan sebelumnya juga sangat berpengaruh terhadap pemilihan platform yang akan kamu gunakan.

Sebagai contoh, saat ini kamu bisa melihat bagaimana gencarnya brand – brand terkenal membangun sosial media khususnya Instagram. Mereka paham betul bahwa kelompok persona dalam hal ini generasi milenial kebanyakan berada di sana.

Seperti kita ketahui bersama, generasi millennial merupakan kelompok dengan daya beli terbesar untuk saat ini.

So, jangan sampai kamu salah pilih platform sosial media ya.

Buatlah konten yang unik dan menarik

source : pexels.com

Pertumbuhan media sosial yang semakin cepat, membuat persaingan pun terasa semakin ketat.

Kemudahan akses dan efektivitas media sosial dalam pemasaran membuat banyak brand – brand besar memilih bertarung habis – habisan di media sosial. Bagaimana caranya? Ya tentu saja mereka membuat konten yang sangat beragam serta pastinya unik dan menarik.

Bagi kamu yang ingin memenangkan persaingan dengan kompetitor brand kamu, diperlukan strategi digital marketing yang jitu. Kamu juga bisa belajar digital marketing lengkap disini.

Nah, salah satu cara mengalahkan para kompetitor kamu di media sosial adalah dengan membuat konten yang unik dan menarik.

Dalam membuat konten, kamu juga harus memperhatikan konten yang layak kamu bagikan dan memiliki nilai serta manfaat bagi audiens kamu ya. 

Selain itu, ada juga cara yang dipercaya mampu mendatangkan banyak engagement seperti like dan comment yaitu konten yang berhubungan hadiah. 

Bagaimana caranya? Gampang kok, kamu bisa membuat lomba ataupun memberikan giveaway kepada audiens kamu. Cara ini dipercaya mampu mendatangkan traffic secara organik ke media sosial kamu. 

Masih bingung caranya? Kamu bisa baca artikel berikut ini yang membahas tentang 7 tips bikin giveaway di instagram .

Buat jadwal untuk setiap postingan

sosial media marketing 2021
source : pexels.com

Konsistensi dalam membuat postingan merupakan hal yang sangat diperhatikan jika kamu sudah memutuskan untuk terjun ke sosial media marketing. 

Namun terkadang, banyak yang masih bingung terkait dengan jadwal posting yang bagus untuk mendatangkan traffic ke media sosial yang kita miliki.

Nah, soal itu kamu gak perlu khawatir ya karena beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memberikan bocoran bahwa ada waktu tertentu yang bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Penggunaan jadwal posting tertata salah satu trik dalam strategi sosial media marketing yang bisa sangat bermanfaat apabila kamu gunakan dengan baik.

Selain itu, banyak juga alat yang bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun yang ingin mengetahui jadwal posting seperti Sprout Social, HubSpot, dan Hootsuite.

Evaluasi pada setiap postingan di sosial media

Tips sosial media marketing 2021
source : pexels.com

Ketika kamu sudah merasa melakukan semua hal yang terkait dengan strategi social media marketing seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Lalu yang terakhir dan tidak kalah penting adalah evaluasi pada setiap postingan di media sosial kamu.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya kamu untuk mengukur apa yang sudah kamu buat dan jalankan pada sosial media kamu. Mengukurnya juga bisa dibilang tidak sulit kok

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melihat bagaimana setiap postingan menjangkau audiens, entah dengan like atau dengan comment 

Tren Sosial Media Marketing 2021

Tren di sosial media hampir setiap tahun berubah dan konten nya pun bergerak sangat dinamis. Bagi kamu para marketeers wajib tahu nih tren social media marketing pada tahun 2021.

Nah, berikut ini adalah 4 prediksi tren sosial media marketing yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mengoptimalkan sosial media kamu.

1. Konten video pendek

Tips sosial media marketing sekarang
source : pexels.com

Konten video tampaknya masih menjadi format konten yang paling diminati. Namun terkadang, sifat manusia cepat untuk mengalami kebosanan. 

Itulah alasannya mengapa platform media sosial seperti SnapChat, TikTok, dan Instagram stories begitu populer di masa sekarang.

Para brand pun dituntut harus beradaptasi dengan fitur video pendek yang disediakan oleh platform tersebut. Brand harus bisa menyampaikan pesannya hanya dengan waktu yang kurang lebih sekitar 10 – 15 detik agar para audiens tidak merasa bosan.

Nah itulah alasan mengapa konten video sebaiknya tidak terlalu panjang. 

2. Social commerce

source : instagram.com

Belum lama ini, Instagram meluncurkan fitur shop di Indonesia. Fitur ini diprediksi akan menjadi tren baru di sosial media.

Berangkat dari kecenderungan banyaknya orang yang berbelanja karena terinspirasi dari konten media sosial, maka hadirlah fitur ini untuk menjawab kebutuhan para user.

Menurut Hootsuite, social commerce merupakan proses penjualan produk yang langsung dilakukan di platform sosial media tersebut. 

Tahun 2021 banyak yang memprediksi akan semakin banyak brand yang menggunakan fitur baru dari Instagram ini.

3. Live

Menurut seorang pakar digital marketing Neil Patel, 63% audiens dari umur 18-34 tahun secara reguler menonton live streaming di sosial media.

Bagi user, fitur live ini merupakan kesempatan besar mereka terhubung dengan followers dan fans mereka secara langsung. Ternyata, konten yang orisinil juga sangat digemari oleh para audiens ketimbang dengan konten yang terlebih dahulu di edit kemudian dipublikasikan.

Maka dari itu, saat ini banyak para influencer yang melakukan live untuk sekedar berdiskusi dengan fans mereka membicarakan sebuah produk ataupun membuka tanya jawab dengan para followersnya.

Fitur live ini diprediksi akan menjadi tren yang terus menanjak di tahun 2021.

4. Menggunakan meme

source : instagram @gojekindonesia

Penggunaan konten meme, tentu saja bukan hal yang baru di jagat media sosial.

Bahkan Sprout Social mengatakan bahwa, meme dan media sosial merupakan pasangan yang sangat cocok satu sama lain.

Kebanyakan, meme adalah foto dengan teks yang dimaksudkan untuk memancing humor.

Namun, ada juga meme yang berbentuk video viral.

Penggunaan meme sendiri dipercaya dapat membuat informasi yang disampaikan dapat diterima dengan perasaan yang menyenangkan dan mudah diingat.

Meski sudah populer sejak bertahun – tahun lamanya, meme tetap diprediksi akan menjadi tren pada tahun 2021.

Itulah beberapa tips dan informasi tren sosial media marketing yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam menggunakan sosial media. Kalau kamu masih bingung untuk memasarkan produk kamu di sosial media, jangan ragu untuk hubungi Substansi Creative Agency. Karena, Substansi Creative Agency yang berlokasi di Jakarta selatan bisa membantu kamu untuk mengelola sosial media marketing brand kamu. Sudah siap kolaborasi dengan kita?